Tuesday 2 April 2019

Ratusan Kali Ditolak Perusahaan, Tiga Orang Disabilitas Ini ‘Balas Dendam’ Buka Bisnis Kopi


Mereka membuktikan bahwa orang tuli juga bisa sukses


user profile Ayu 1w | Inspirasi


Berbisnis di dunia perkopian nampaknya sedang menjadi tren tersendiri sekarang. Setiap kota atau daerah memiliki puluhan kafe-kafe instagramable dan unik yang pamornya tak kalah dengan warung kopi kebanyakan. Uniknya, kedai-kedai kopi kekinian ini tak pernah sepi pelanggan karena memang generasi millennial gemarnya nongkrong sambil menyeruput kopi.

Dari semua kedai kopi unik, Boombastis.com akan mengulas salah satu tempat yang mungkin memiliki konsep satu-satunya di Indonesia. Namanya Kopi Tuli (Koptul) yang berlokasi di Depok. Yap, sesuai namanya, kedai ini didirikan oleh tiga orang disabilitas tuli. Latar belakang berdirinya pun sangat bisa dijadikan pelajaran dan inspirasi, simak ulasan dari hasil wawancara kami di bawah ini ya!


Membuka Kopi Tuli karena ratusan kali ditolak saat melamar kerja

Kopi Tuli ini didirikan oleh tiga orang sahabat disabilitas tuli, yaitu Erwin, Adhika, dan Putri. Berdiri pada 12 Mei 2018, tempat ngopi yang biasa disebut KopTul ini hadir karena pengalaman pahit ketiganya dalam memasuki dunia kerja. Tidak bisa mendengar ternyata dianggap sebagai kekurangan oleh para HRD. Kepada tim Boombastis.com, baik Putri maupun Erwin menceritakan jika mereka pernah memasukkan 200-500 surat lamaran kerja ke berbagai perusahaan, tetapi hasilnya semua ditolak.


Begitu pula dengan Adhika, meskipun berhasil mendapatkan pekerjaan, dirinya sering mendapat perlakuan kurang baik di kantor. Berawal dari kekecewaan tersebut ketiganya kemudia membuat terobosan membangun bisnis bersama –yang ketika itu diputuskan adalah bisnis kopi, karena salah satu dari mereka, Erwin, suka minum kopi. Ide ini kemudian disetujui oleh Putri dan Adhika.


Sepak terjang membangun bisnis dari nol

No comments:

10 Coretan di Dinding yang Tulisannya Lucu Parah

1. Tolong kembalikan 5 detikku yang terbuang percuma :(   2. Nah yang elo lakuin itu apa abdul?? Selanjutnya ...