Etika Menerima Tamu Administrasi Perkantoran


Etika Menerima Tamu Administrasi Perkantoran 


Dalam menerima tamu, ada hal-hal yang perlu diperhatikan oleh sekretaris antara lain :
• Apabila sudah ada janji, tepati waktu, apabila sedang ada tugas di luar kantor harus memberitahukan dan minta maaf untuk datang terlambat (prioritas perlu dipertimbangkan).
• Apabila tamu masuk, hendaknya berdiri, tersenyum, dan bersalaman.
• Berikan sapaan ramah kepada tamu.


Penangan Ruangan Tamu

Sekretaris baiknya memeriksa tata ruang penerimaan tamu, khususnya yang berkaitan langsung dalam hal-hal berikut :

  • Ruangan harus nyaman, bersih dan rapi.
  • Lengkapi ruangan tamu dengan perlengkapan 
  • Tunjukanlah sikap untuk selalu siap menerima memberikan bantuan dan bersahabat  
Tata Cara Mengantar dan Melayani Tamu

  •   Jangan membeda-bedakan tamu
  •   Bagian penerima tamu adalah wajah perusahaan
  •   Apabila tamu datang segera sambut
  •   Ketika mengantar tamu tunjukan kearah yang dituju dan dengan telapak tangan kearah atas   dan jari rapat, menuju kearah dengan telunjuk adalah sifat yang tidak sopan.
  •   Ketika mengantar tamu ke tempat tujuan berjalan agak ke depan dengan posisi sedikit miring   sambil sesekali menengok ke belakang untuk memperhatikan jalan tamu.
  •  Membukakan pintu untuk tamu kalau pintu bergerak kearah dalam
  •  Tamu yang diterima biasanya dipersilahkan untuk masuk dan menunggu di ruangantamu yang sudah disediakan oleh kantor.
s   Ada beberapa etika menurut beberapa ahli :
   Menurut Sedarmayanti, etika sekretaris dalam menerima tamu, antara lain :

  1.      Bersikap sopan dan ramah
  2.      Berkepribadian menarik
  3.      Bijaksana
  4.      Mempunyai cukup pengetahuan tentang struktur organisasi dan hal penting organisasi

No comments:

10 Coretan di Dinding yang Tulisannya Lucu Parah

1. Tolong kembalikan 5 detikku yang terbuang percuma :(   2. Nah yang elo lakuin itu apa abdul?? Selanjutnya ...