Etika Menerima Tamu Administrasi Perkantoran
Dalam menerima tamu, ada hal-hal yang perlu diperhatikan oleh sekretaris antara lain :
• Apabila sudah ada janji, tepati waktu, apabila sedang ada tugas di luar kantor harus memberitahukan dan minta maaf untuk datang terlambat (prioritas perlu dipertimbangkan).
• Apabila tamu masuk, hendaknya berdiri, tersenyum, dan bersalaman.
• Berikan sapaan ramah kepada tamu.
• Apabila tamu masuk, hendaknya berdiri, tersenyum, dan bersalaman.
• Berikan sapaan ramah kepada tamu.
Penangan Ruangan Tamu
Sekretaris baiknya memeriksa tata ruang penerimaan tamu, khususnya yang berkaitan langsung dalam hal-hal berikut :
- Ruangan harus nyaman, bersih dan rapi.
- Lengkapi ruangan tamu dengan perlengkapan
- Tunjukanlah sikap untuk selalu siap menerima memberikan bantuan dan bersahabat
Tata Cara Mengantar dan Melayani Tamu
- Jangan membeda-bedakan tamu
- Bagian penerima tamu adalah wajah perusahaan
- Apabila tamu datang segera sambut
- Ketika mengantar tamu tunjukan kearah yang dituju dan dengan telapak tangan kearah atas dan jari rapat, menuju kearah dengan telunjuk adalah sifat yang tidak sopan.
- Ketika mengantar tamu ke tempat tujuan berjalan agak ke depan dengan posisi sedikit miring sambil sesekali menengok ke belakang untuk memperhatikan jalan tamu.
- Membukakan pintu untuk tamu kalau pintu bergerak kearah dalam
- Tamu yang diterima biasanya dipersilahkan untuk masuk dan menunggu di ruangantamu yang sudah disediakan oleh kantor.
s Ada beberapa etika menurut beberapa ahli :
Menurut Sedarmayanti, etika sekretaris dalam menerima tamu, antara lain :
- Bersikap sopan dan ramah
- Berkepribadian menarik
- Bijaksana
- Mempunyai cukup pengetahuan tentang struktur organisasi dan hal penting organisasi
No comments:
Post a Comment